Selasa, 10 Oktober 2017

Penyakit Ambeien dan Cara Mencegah Ambeien Semakin Parah

Penyakit Ambeien dan Cara Mencegah Ambeien Semakin Parah

Ambeien atau hemorroid merupakan penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan dara di bagian bawah poros usus, baik di sebelah dalam maupun di sebelah luar lubang dubur/anus.

Wasir bisa dipicu oleh kekurangan serat pada makanan yang di konsumsi, bisa juga disebabkan oleh kebiasaan duduk terlalu lama sehingga aliran darah di bagian dubur tertekan. Akibatnya terjadi penebalan jaringan mati di sekitar dubur.

Gejala Ambeien

  • Timbul rasa panas atau gatal di poros usus bagian bawah (dubur).
  • Muncul tonjolan di sekelililng liang dubur/ anus. 
  • Sulit atau sakit ketika BAB. 
  • Terkadang terjadi perdarahan ketika BAB.


Ambeien umumnya menyerang pria, meski demikian wanita juga memiliki risiko yang sama terhadap penyakit ambeien. Beberapa kasus ditemukan mereka yang menderita ambeien lebih memilih menjalani operasi bedah pengangkatan ambeien dibanding menggunkan cara alami. Pada operasi tidak selalu menjamin dan menjanjikan keberhasilan. Sangat besar kemungkinan jika ambeien kembali timbul.

Tips Mencegah dan Meringankan Ambeien


Jika gejala ambeien sudah mulai dirasakan, maka ubahlah pola hidup yang salah selamanya. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar ambeien tidak semakin parah, bahkan bisa mencegahnya agar tidak kambuh lagi setelah Anda menjalani perawatan.

  • Makan serat. Cara terbaik untuk mendapatkan serta makanan adalah dengan mengonsumsi makanan nabati – sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan kacang polong.
  • Minum air. Ini akan membantu mencegah terbentuknya kotoran keras dan sembelit, sehingga usus besar, rektum, dan anus hanya akan mengalami regangan yang lebih sedikit saat buang air besar. Buah dan sayuran, yang memiliki serat, juga memiliki air di dalamnya.
  • Olahraga. Aktivitas fisik, seperti berjalan setengah jam setiap hari, adalah cara lain untuk menjaga darah dan perut Anda tetap bergerak.
  • Jangan ditahan. Gunakan toilet segera setelah Anda merasakan dorongan ingin buang air besar.

Baca Juga:



Related Posts

Penyakit Ambeien dan Cara Mencegah Ambeien Semakin Parah
4/ 5
Oleh